Minggu, 09 September 2018

PROSES BISNIS XL AXIATA

PROSES BISNIS


Proses bisnis merupakan prosedur kerja perusahaan menangani permintaan bisnis dan serangkaian kegiatan, yang terlibat di dalam atau di luar sebuah organisasi, yang bekerja sama untuk menghasilkan hasil bisnis bagi pelanggan atau untuk sebuah organisasi. Proses bisnis juga merupakan sejumlah langkah yang berbeda agar mendapat hasil yang lebih efektif dan efisien dalam melakukan produksi dan penjualan.
Pada proses bisnis perusahaan, setiap aktivitas atau kegiatan harus dapat menciptakan nilai tambah bagi aktivitas kerja atau kegiatan berikutnya. Demikian pula halnya setiap proses kerja harus dapat menciptakan nilai tambah bagi proses berikutnya. 
Hakekatnya adalah menawarkan alternatif untuk menggantikan sistem dan prosedur yang telah berpuluh-puluh tahun dipakai dalam mekanisme organisasi dan menciptakan serangkaian kegiatan yang ber eda dan efisien.
Proses bisnis perusahaan dapat dibagi menjadi beberapa kategori yaitu proses, penjualan dan pengadaan.

TUJUAN PROSES BISNIS


Proses bisnis menghasilkan :  Profit lebih banyak, Kenaikan produktifitas, Menyediakan tingkat pelayanan konsumen yang lebih tinggi, Memperoleh fleksibilitas lebih besar dalam penggunaan sumber daya, termasuk staf, Merespon lebih cepat pada peluang baru, Meningkatkan moral staf melalui lingkungan kerja yang lebih baik, Menjalankan teknologi yang lebih baru tanpa hambatan. Proses bisnis yang baik akan memudahkan pengguna untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan lebih cepat melaksanakannya, membantu peningkatan dan pengendalian operasi. 

CONTOH PERUSAHAAN


XL AXIATA merupakan salah satu perusahaan provider paling laris di Indonesia, mereka menerapkan proses bisnis dan core bisnis yang baik. Tahun lalu, PT XL Axiata Tbk. sukses menggaet pelanggan melampaui target. Sedangkan tahun 2010, operator telekomunikasi ini berhasil mendapatkan 40,1 juta pelanggan hingga akhir 2010 atau tumbuh 27,7% dibanding 2009 (31,4 juta pelanggan). Sejatinya, peningkatan pelanggan ini geregetnya sudah dirasakan sebelumnya. Tak heran, XL harus sampai dua kali merevisi targetnya itu.

CORE BISNIS XL AXIATA

Adanya rencana pengembangan Xcloud yang diharapkan akan membuat para investor tertarik dan XL meyakinkan beberapa investor agar ereka tidak perlu repot membangun infrastruktur, dan bisa berfokus langsung pada core bisnis yang dijalankan. 
Pada pengembangan setiap departemen pada PT XL AXIATA ( Internet Blackberry, Paket telfon tarif hemat, dll), pihak perusahaan mengembangkan setiap promo dan paket agar terkesan selalu memberikan tampilan baru yang menarik.

PROSES BISNIS XL AXIATA

Low price low cost
XL berani mengambil inisiatif di antara operator yang ada di Indonesia untuk menjadi pionir dalam menyediakan dan menawarkan tarif seluler murah dengan nilai lebih yang bisa dinikmati pelanggan dan masyarakat Indonesia. Hal ini menjadikan XL menjadi saingan yang ketat bagi provider lainnya di Indonesia.

Diferensiasi
Secara konsisten XL berupaya memberikan layanan seluler yang berbeda dari sisi manfaat/offering dan tentunya memiliki nilai lebih bagi pelanggan dibanding layanan yang disediakan oleh kompetitor.

XL Business Solutions
XL berperan dalam menjadi penyedia solusi layanan telekomunikasi yang terintegrasi, dengan memberikan fasilitas yang efektif dan efisien sehubungan dengan semakin berkembangnya kebutuhan dalam berbagai macam industri. Solusi yang lengkap dari XL Business Solution telah menyediakan keuntungan yang besar bagi para konsumen kami, berupa pengurangan biaya, tingkat efisiensi yang meninggi, peningkatan proses bisnis dan masih banyak lagi.

Inovasi
Adanya keberanian dalam melakukan inovasi dan menjadi trend-setter dalam menyediakan layanan, bagaimana berkomunikasi dengan calon pelanggan dan yang lainnya.

PROSES BISNIS PENDUKUNG

Fokus dan Kejelian 
Bagaimana XL secara konsisten tetap fokus pada bisnis inti dan kompetensi intinya, yaitu menyediakan layanan seluler yang terbaik bagi masyarakat dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan kemampuan sumber daya yang dimiliki. Dan dalam melihat peluang pasar dan bagaimana XL dituntut selalu jeli melihat peluang pasar atau kebutuhan masyarakat dan berupaya mewujudkan solusi atas kebutuhan tersebut.


Sumber

https://www.xl.co.id/business/id/mengapa-xl/solusi-bisnis.html
https://ipqi.org/bisnis-proses-manajemen/
http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab1DOC/2012-2-01565-SI%20Bab1001.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar