Sabtu, 08 Oktober 2016

Mengapa Kita Harus Mempelajari Ilmu Manajemen

Manajemen adalah proses mengelola orang. Setiap manajer memiliki beberapa fungsi. Ia melakukan perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan. Perencanaan adalah memilih misi organisasi, dan kemudian menentukan program tindakan (program, proyek, metode, sistem, strategi) untuk mencapai mereka. Semua fungsi lain tergantung pada yang satu ini, karena mereka tidak bisa berhasil tanpa suara, perencanaan menyeluruh dan pengambilan keputusan.

Pengertian dan Pentingnya Manajemen - Manajemen berasal dari kata to manage yg artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dari fungsi-fungsi manajemen.

Istilah manajemen mengandung juga tiga pengertian ,yaitu:
1.manajemen sebagai suatu proses,

2.manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yg melakukan aktivitas,

3.manajemen sebagai suatu seni dan sebagai suatu ilmu.

Dalam Encylopedia of the Social Science dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi. Selanjutnya Haiman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.

Manajemen bagimana pun sangat di perlakukan oleh semua organisasi karena tanpa keberadaanya (manajemen) semua akan sia-sia dan menjadi kendala bagi tercapainya tujuan organisasi Untuk itu  terdapat tiga alasan mengapa mempelajari manajemen yaitu :

1.Untuk mencapai target/tujuan.
Manajemen di perlukan untuk mencapai tujuan organisasi yang sekaligus tujuan pribadi anggota organisasi

2.Untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
Dalam hal ini manajemen diperlukan untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan,sasaran-sasaran,dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan dengan pihak yang berkepentingan.

3.Untuk mencapai efisiensi dan efiktifitas Suatu hal kerja dapat di ukur dengan banyak cara yang berbeda.

Maka dari itu kita semua harus mempelajari apa itu ilmu manajemen, jika tidak ada ilmu manajemen maka  akan ada dampak yang akan terjadi pada kehidupan manusia, yaitu produktifitas sumber daya manusia yang hanya berorientasi pada kerja yang tidak manusiawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar