Sabtu, 08 Oktober 2016

Pentingnya kemasan

Kemasan disebut juga bungkusan,wadah, atau packaging yang memegang peranan penting untuk membantu pengawetan bahan makanan atau produk. Adanya kemasan atau packaging dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan pada produk, melindungi bahan pangan yang ada di dalamnya, melayani dari bahaya pencemaran dan gangguan fisik (gesekan, benturan, getaran). Disamping itu juga pengemasan berfungsi untuk menempatkan suatu produk agar mempunyai bentuk bentuk yang memudahkan dalam penyimpanan, pengangkutan dan distribusi.

Semua bahan pangan mudah rusak dan ini berarti bahwa dalam jangka waktu penyimpanan tertentu, ada kemungkinan untuk membedakan antara bahan pangan segar dengan bahan pangan yang telah disimpan selama jangka waktu tertentu. Perubahan yang terjadi adalah suatu kerusakan. Meskipun demikian sebagian makanan akan menjadi lebih tua atau matang setealah dikemas dan memang ada perbaikan dalam waktu singkat tetapi kemudian diikuti dengan kerusakan.

Di samping fungsi-fungsi di atas, kemasan juga mempunyai peranan penting dalam industri pangan, yaitu :

1.Sebagai Pengenal jati diri/identitas produk
2.Sebagai Penghias produk
3.Sebagai Piranti monitor
4.Sebagai Media promosi
5.Sebagai Media penyuluhan atau petunjuk cara penggunaan dan manfaat produk yang ada di dalamnya.

Bagi pemerintah kemasan dapat digunakan sebagai usaha perlindungan konsumen
Bagi konsumen kemasan dapat digunakan sebagai sumber informasi tentang isi/produk, dan ini diperlukan dalam mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut atau tidak.
Begitu pentingnya kemasan dalam perdagangan, membuat setiap produsen terus berinovasi menciptakan kemasan-kemasan yang fungsional dan menarik.
Jadi buat produsen²/ukm yang memproduksi produk makanan atau jajan seharusnya di beri kemasan yang terjamin aman supaya tidak merusak produk tersebut dan bisa juga untuk menarik konsumen agar membeli produk tersebut.

1 komentar:

  1. Tulisan kurang menjawab permasalahan sesuai film yang harus di review

    BalasHapus